BUNGA BANGSAKU

The World Explorer

MENGHEMAT BANDWITH ADSL, GPRS DAN CDMA

Internet memang suatu hal harus dipelajari secara terus menerus, karena setiap hari akan ada perkembangan sistem yang kalau kita lama nggak ngenet, bakal ketinggalan banyak hal dari informasi bisnis, politik, sampai hal yang aneh-aneh.

Dari pengalaman ngenetku, aku pernah yang namanya "kepleset ke situs yang boros bandwidth", terus aku cari-cari di "pakde google", akhirnya aku dapat juga tuh, penghemat bandwidth, dari nitro, onspeed, sampai yang kupakai saat ini, yaitu "toonel". Dari semua yang pernah kucoba, hanya satu yang cocok dan pas buatku yaitu toonel.

Toonel emang asyik buatku, karena:

  1. Gratisan, sedangkan aku kan sukanya yang gratisan, sebab keterbatasan uang. Mau ngenet aja harus nunggu seminggu sekali untuk isi pulsa 10ribu dengan kartu cdmaku. Apalagi harus beli account penghemat bandwith berbayar yang harganya 1x gajiku sebulan. Mau makan apa aku nanti, komputerku...tak masak di dapur...ya nggak enak dong, masak komputer dicemplungin ke kuali.
  2. Mudah dalam install, download dulu "java run time environment", kemudian tinggal buka www.toonel.net.
  3. Download ke pc, pilih yang untuk windows
  4. Setting proxy browser di http proxy:127.0.0.1 portnya isi dengan: 8080
Jadi deh, lumayan hemat, tapi cukup untuk menghemat bandwidth apalagi untuk memposting blog dan chat juga makin hemat, untuk chatting setting proxynya sama:127.0.0.1 port 8080.

Keistimewaan toonel adalah dapat membuka halaman web yang pakai sekurity/keamanan. Misalnya Yahoo, Google dan lainnya. Jika anda mungkin membuka yahoo dengan waktu 10 menit untuk gprs anda, dengan toonel mungkin bisa hanya 3-5 menit, lumayan hemat waktu dan biaya volume datanya.

Cara menggunakannya yaitu:
  • buka dulu browser anda
  • buka toonelnya
  • browsing seperti biasanya
  • lihat di window nya toonel di tab stats, jika kelihatan in-out compressya jalan berarti sudah berhasil tuh toonelnya
Ada juga, penghemat bandwidth namanya :
  1. www.skweezer.net
  2. www.mowser.com
Tanpa download, tinggal masukkan url aja.
Tapi untuk yang cocok untukku cuma si Toonel. untuk anda yang mungkin punya pengalaman yang sama atau mungkin lebih banyak pengalaman penghemat bandwidth, kasih commentnya dong biar aku tambah ilmu dan pengalaman.

0 komentar:

Pengikut